Cara Menanam Selada Sistem NFT



Selada memiliki beberapa jenis varian, namun yang dikenal secara luas hanya 5 jenis saja. Mereka adalah butterhead (Boston), selada cina, crisphead (Iceberg), looseleaf, Romaine, dan Summer Crisp (Batavia). Selain itu selada sangat mudah dibudidayakan bila menggunakan media hidroponik berikut cara menanam seleada dengan media NFT dari hidrafun:



Nah cara menanam selada dibawah ini langkah langkahnya :


NFT CONTOH SEDERHANA

1. Semai benih menggunakan rockwool

Siapkan rockwool potong ukuran 3x2,5x2 cm atau sesuaikan dengan netpot anda. Setiap potongan rockwool dikasih benih 1 atau 2 sebaiknya 1 saja.

Potongan rockwool ditaruh di tray semai, sebelum ditaruh basahi dengan air biasa tanpa nutrisi.

Lubangi rockwool sedalam 2-4 mm menggunakan pinset atau tusuk gigi kemudian
Masukkan benih ke rockwool.  kasih penutup biar kelembapan baik dan benih cepat sprout, biasanya 1-2 hari sudah sprout.

2. Pindah ke sistem hidroponik

Jika semaian sudah berumur berkisar 14 hari,, anda bisa pindahkan rockwool beserta baby lettuce ke sistem wick yang sebelumnya sudah anda buat.  Sebelum anda pindah tentu saja anda wajib menyiapkan larutan nutrisi hidroponiknya terlebih dahulu.


3. Perawatan

Selalu cek kondisi ph, ec ppm, suhu larutan nutrisi hidroponik agar pertumbuhan selada bisa optimal. Jika anda belum memiliki standar ph ec/ppm pada sayuran daun


4. Panen

Jika sayuran selada telah memasuki masa panen anda bisa memanennya, biasanya 45-60 hari selada bisa dipanen.

Sekian tips dan cara menanam Seleda dengan sistem NFT, Untuk Net Pot anda bisa creatif dalam membuatnya. Agar bentuk labih rapi dan indah disarankan disesuiakn dengan tempat anda. Selain itu tanaman selada adalah tanaman yang tidak kuat dalam panas. Sehingga disarankan jangan menanam pada saat musim pada tingkat panas tertingginya. Sekian Tips Cara Menanam Selada Sistem NFT
Share on Google Plus

Tim Publisher HidroponikStore.com

0 komentar:

Poskan Komentar